Kita hidup dalam era perubahan, dan kita tidak akan melewati era itu tanpa melalui tantangan-tantangan. Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi masyarakat adalah erosi kepercayaan (trust) antar individual, antar pemerintah, maupun dalam kelompok, antar masyarakat itu sendiri. Tingkat kepercayaan yang rendah mengikis kapasitas masyarakat untuk terlibat dalam urusan publik dan mendorong praktek-praktek penyalahgunaan kewenangan yang diberikan kepada institusi publik.

Ketahanan ekonomi dan demokrasi sendiri tidak akan terwujud tanpa adanya trust. Inovasi untuk membangun ekonomi dan demokrasi di tingkat lokal harus terus menerus didorong dengan dasar kepercayaan.

Salah satu penyebab kurangnya kepercayaan adalah mis-informasi. Berbagai strategi perlu dikembangkan untuk membangun mekanisme komunikasi dan pertukaran informasi antar berbagai kelompok, dan juga masyarakat dengan pemerintah, antara lain dengan proses pelibatan masyarakat, termasuk sektor bisnis dalam berbagai urusan publik.

Ekonomi dan demokrasi yang inklusif dan pluralistik akan tergantung pada tingkat kepercayaan yang terbangun antar institusi politik dan antar individu maupun kelompok kepentingan dalam masyarakat. Untuk menjawab tantangan inilah B_Trust didirikan.

Pembentukan Yayasan B_Trust dikukuhkan di depan Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, S.H. pada tanggal 14 Juni 2001 dengan akta pendirian No. 27 dan dilengkapi dengan pendaftaran di Sospol dengan No. 340/Yayasan/2003. Di samping itu, B_Trust terdaftar juga sebagai anggota ISBN No. 979-96768.

B_Trust akan terus menerus menganalisis situasi terkini, melakukan kampanye untuk perubahan dan mengambil langkah-langkah praktis untuk mendorong proses pengembangan ekonomi lokal dan terwujudnya good governance di tingkat lokal dengan dasar kepercayaan.