Tigapuluh Tujuh Hari Sebelum Penyerahan Kunci

Sejumlah anggota DPR RI kembali meninjau proyek Rumah Jabatan Anggota (RJA) yang berlokasi di Kalibata, Jakarta Selatan pada Jumat (30/7) kemarin. Sebelum kunjungan ini, pada tanggal 17 Juni, Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Dewan Perwakilan Rakyat Refrizal juga sempat meninjau proses pembangunan rumah jabatan itu.

rumah dinas DPR2 Tigapuluh Tujuh Hari Sebelum Penyerahan Kunci

Kondisi RJA masih nampak belum selesai, bahkan boleh dikatakan baru 50% jadi. Sebab, mayoritas eksterior maupun interior rumah yang berjumlah 499 itu belum sempurna. Tembok, lantai, maupun atap masih terlihat bolong. Bahkan ada struktur bangunan yang sudah dicat ekteriornya, terlihat miring.

“Mata saya yang salah lihat atau memang struktur bangunannya yang miring ya?” tanya anggota DPR RI Komisi X Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP, PhD yang ikut dalam rombongan anggota yang ke RJA, saat melihat salah satu rumah dinas yang di Blok C yang terlihat miring konstruksinya.

rumah dinas DPR3 Tigapuluh Tujuh Hari Sebelum Penyerahan Kunci

Menurut Adhi Karya (Persero) Tbk, kontraktor utama dan Indah Karya mengaku sangat kesulitan membangun rumah dinas anggota DPR ini. Kesulitan yang dimaksud itu antaralain, karena rumah lama ternyata spesifikasi dan ukurannya tidak sama serta kontur tanah yang tidak rata. Maklum saat itu dikerjakan oleh lebih dari 13 kontraktor. “Tapi alasan itu tidak bisa menjadi pembenaran sehingga harus kerja lembur. Itu risiko,” ujar anggota BURT DPR Agus Sulistyono.

Agus tidak yakin pembangunan 499 RJA ini akan selesai pada waktu yang telah ditetapkan oleh pengembang, yakni tanggal 8 September 2010. Jika dihitung per tanggal 2 Agustus 2010 ini, maka sisa waktu pengerjaan proyek tinggal tigapuluh tujuh hari. Untuk total biaya renovasi, menurut Wakil Ketua BURT Refrizal, tercatat sebesar Rp355 miliar. Angka tersebut termasuk alokasi untuk pembangunan 10 rumah dinas baru, gedung pertemuan tiga lantai, masjid Al- Amin, dan beberapa fasilitas yang ada di kompleks itu.

rumah dinas DPR1 Tigapuluh Tujuh Hari Sebelum Penyerahan Kunci

Selain deadline yang mepet sementara kondisi proyek belum mencapai 60%, Agus juga sangat kecewa dengan kualitas. Menurutnya, dengan anggaran yang sudah ditetapkan, kualitas yang dilihat di lapangan, sungguh sangat mengecewakan. Tak heran BURT DPR RI akan mengevaluasi secara cepat kontraktor dan Sekretariat Jenderal DPR. Bahkan ia pun tidak akan mau menerima kunci saat acara serah terima kunci.

“Apabila ada ketidaksesuaian antara anggaran dengan kualitas yang ada, kami tidak akan menerima,” ujarnya.

web14 Tigapuluh Tujuh Hari Sebelum Penyerahan Kunci
Hetifah di salah satu rumah yang sudah 80% jadi.

Sekadar info, beberapa bagian renovasi bangunan tidak dilakukan sepenuhnya oleh Adhi Karya melainkan disubkan ke beberapa subkontraktor. Menurut Refrizal, karena ada bagian-bagian yang tidak dikerjakan oleh kontraktor utama, seperti pengerjaan teralis, pintu, kusen-kusen, dan lain sebagainya.

“Tetapi tetap standar karena diawasi oleh konsultan yang telah ditunjuk (Adhi Karya-pen),” kata Refrizal.

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Selamat pagi Ibu. Kami mengalami hal ini. Begini Ibu, redaksional kami: 1. Kami adalah melompok tani yang tergabung dalam KSU Mitra Sawit Lestari (Misale) menjalin perjanjian plasma inti. Perjanjian plasma inti merupakan kemitraan dengan pola inti-plasma. Dasar hukum mengenai kemitraan dengan pola inti plasma dalam UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (pasal 27) dan PP No. 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan. Menurut hukum koperasi diwakili oleh para pengurusnya (pasal 30 ayat [2] huruf a UU No. 25 Tahun 1992 tentang Koperasi). Bentuk perwakilan antara koperasi dengan petani inti plasma tersebut bisa ada dua kemungkinan, yaitu: • Koperasi selaku kuasa; menandatangani perjanjian mewakili, untuk dan atas nama anggotanya; atau • Koperasi menandatangani perjanjian untuk dan atas nama koperasi itu sendiri, di mana perjanjian tersebut akan dilanjutkan kepada anggota koperasi, dalam hal ini para petani plasma. 2. Luas kebun plasma adalah 120 hektare area loa haur desa tengin baru sepaku penajam paser utara. 3. Kebun kami dibangun dengan pinjaman bank niaga dengan agunan berupa surat kepemilikan tanah (skt) senilai kurang lebih 6 m. 4. Umur tanam sawit kami 9 tahun. 5. Sejak bulan mei 2017, area tersebut di jadikan objek hukum oleh Dinas Kehutanan Provinsi sebagai Tahura berdasar keputusan PN Tanah Grogot. Bagaimana kami mengurus hal ini Ibu? Mohon advicenya..🙏 WA kami 081253463080

  2. Assalamualaikum ibu, saya dari perwakilan komunitas musik samarinda yang tergabung dalam komunitas musik borneo metalcamp, ingin mengajukan proposal kepada ibu sebagai donatur.. Apabila di izinkan kita ingin mengirim proposal.. Mohon di respon ibu.. Wassalamualaikum

  3. Selamat Hari Kartini untuk Ibu Hetifah Semangat dan Teruslah mendorong keterlibatan peran perempuan dalam keterwakilannya di Parlemen. Sebab tanpa perempuan, maka demokrasi kita masih stagnan. Salam Kartini Indonesia !!! Selamat Berjuang ! Selamatkan Perempuan Indonesia dari Ketertindasan...

Lihat semua aspirasi