DSCN9940-web

Sengketa Lahan Sumber Sari, Harus Segera Ada Jalan Keluarnya

 

KLIKKALTIM.COM – Kasus sengketa tanah di Kalimantan Timur berjumlah tak kurang 197 kasus. Banyak diantaranya sudah kronis, dan butuh segera solusi. Diantaranya Desa Sumber Sari, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat.

Pagi ini desa Sumber Sari disambangi langsung oleh anggota Komisi II DPR RI yang membidangi masalah tanah, Hetifah Sjaifudian. Dialog diikuti oleh para Petinggi (Kepala Desa), Kantor Pertanahan Kubar, Kepolisian Sektor Kubar, tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan sekitar 70 masyarakat berlangsung di balai desa dengan Auntusiame yang tinggi.

Petinggi desa Sumber Sari, Mulyadi, menjelaskan bahwa Desa seluas 337 hektar adalah desa transmigrasi sejak tahun 1964. Lahan yang diberikan kepada warga transmigran tersebut dikelola terus menerus sebagai lahan palawija.

“Transmigrasi pada saat itu berasal dari 6 Karesidenan di Jawa Tengah dengan jumlah 500 Kepala Keluarga,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mulyadi menjelaskan bahwa sejak tanggal 04 Mei 2004 Keluarga besar Mantuk membuat surat gugatan tanah transmigrasi Sumber Sari seluas 53,7 hektar.

Permasalahan tanah ini tidak kunjung selesai, bahkan sampai menyebabkan hilangnya mata pencaharian. “Hingga sekarang warga Sumber Sari selalu was-was dan resah dikarenakan sertifikat,” keluhnya.

“Sertifikat yang kami miliki ini resmi dari negara, ini sah atau tidak? Jika iya, tolong lindungi hak-hak kami,” paparnya.

Melihat langsung kondisi Desa Sumber Sari, Hetifah, menyampaikan bahwa desa ini maju dan tingkat partisipasi masyarakat juga begitu tinggi. Pembangunan sarana prasarana banyak yang swadaya masyarakat. Kesinambungan kepemimpinan juga berlangsung dengan baik.

“Desa ini inovatif, untuk contoh bagi desa-desa yang lain,” tegas anggota DPR RI Dapil Kaltim Kaltara ini.

Keberhasilan ini diwarnai dengan suatu permasalahan. Sejak 2004 mengalami sengketa, tanpa jelas siapa yang bisa menyelesaikan sengketa ini. “13 tahun adalah waktu yang panjang, mencari solusi,” lanjutnya.

Perwakilan Kantah Kubar, Ady Purnomo, menyatakan bahwa sertifikat yang dimiliki tersebut adalah sah. Jangan sampai diragukan produknya. Mungkin ada pemecahan tindak lanjut. “Akan ada mediasi bersama yang difasilitasi oleh Pemkab,” paparnya.

Lebih lanjut Hetifah berharap, Kepolisian dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat. Jangan sampai terjadi konflik. “Temen-temen sudah sabar, masalah tanah ini sangat sensitif. Saya ingin situasi ini dapat dicari jalan keluarnya. Yang memihak kepada masyarakat banyak,” tutupnya.

*) sumber : klikkaltim

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Selamat pagi Ibu. Kami mengalami hal ini. Begini Ibu, redaksional kami: 1. Kami adalah melompok tani yang tergabung dalam KSU Mitra Sawit Lestari (Misale) menjalin perjanjian plasma inti. Perjanjian plasma inti merupakan kemitraan dengan pola inti-plasma. Dasar hukum mengenai kemitraan dengan pola inti plasma dalam UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (pasal 27) dan PP No. 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan. Menurut hukum koperasi diwakili oleh para pengurusnya (pasal 30 ayat [2] huruf a UU No. 25 Tahun 1992 tentang Koperasi). Bentuk perwakilan antara koperasi dengan petani inti plasma tersebut bisa ada dua kemungkinan, yaitu: • Koperasi selaku kuasa; menandatangani perjanjian mewakili, untuk dan atas nama anggotanya; atau • Koperasi menandatangani perjanjian untuk dan atas nama koperasi itu sendiri, di mana perjanjian tersebut akan dilanjutkan kepada anggota koperasi, dalam hal ini para petani plasma. 2. Luas kebun plasma adalah 120 hektare area loa haur desa tengin baru sepaku penajam paser utara. 3. Kebun kami dibangun dengan pinjaman bank niaga dengan agunan berupa surat kepemilikan tanah (skt) senilai kurang lebih 6 m. 4. Umur tanam sawit kami 9 tahun. 5. Sejak bulan mei 2017, area tersebut di jadikan objek hukum oleh Dinas Kehutanan Provinsi sebagai Tahura berdasar keputusan PN Tanah Grogot. Bagaimana kami mengurus hal ini Ibu? Mohon advicenya..🙏 WA kami 081253463080

  2. Assalamualaikum ibu, saya dari perwakilan komunitas musik samarinda yang tergabung dalam komunitas musik borneo metalcamp, ingin mengajukan proposal kepada ibu sebagai donatur.. Apabila di izinkan kita ingin mengirim proposal.. Mohon di respon ibu.. Wassalamualaikum

  3. Selamat Hari Kartini untuk Ibu Hetifah Semangat dan Teruslah mendorong keterlibatan peran perempuan dalam keterwakilannya di Parlemen. Sebab tanpa perempuan, maka demokrasi kita masih stagnan. Salam Kartini Indonesia !!! Selamat Berjuang ! Selamatkan Perempuan Indonesia dari Ketertindasan...

Lihat semua aspirasi