Klik Samarinda

Reshuffle Kabinet, Hetifah Ingatkan Tantangan Ekonomi RI

 

KLIKSAMARINDA.COM – Pemerintah secara resmi mengumumkan reshuffle Kabinet Kerja. Di hadapan wartawan Istana, Presiden Joko Widodo membacakan perombakan kabinet dengan didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Perombakan kabinet telah lama diprediksi sejak bergabungnya PAN dan Golkar ke dalam koalisi partai pendukung pemerintah. Anggota DPR RI, Hetifah mengingatkan kondisi ekonomi dan tantangan global ekonomi dunia.

Menurut Anggota Banggar DPR RI ini, reshuffle kabinet harus dapat menjawab tantangan ekonomi global.

“Tantangan Indonesia sangat berat, seperti pertumbuhan ekonomi yang menurun, angka pengangguran tinggi, dan pasar dunia lesu. Ini tantangan bagi Menteri Keuangan yang baru,” ujar Hetifah di Jakarta pada Rabu, 27 Juli 2016.

Seperti diketahui, Pemerintah telah mengeluarkan Perpres Nomor 45 Tahun 2016 Tentang Rencana Kerja Pemerintah (RKP). Pemerintah juga menerapkan konsep money follow program, bukan money follow function. Menurut Hetifah, dibutuhkan terobosan para menteri baru.

“Kabinet yang baru harus visioner tetapi mampu membuat terobosan, responsif, dan bisa menggerakkan peran publik,” sambung Hetifah.

Hetifah juga mengkritik rendahnya serapan anggaran di beberapa kementerian. Rabu, 20 Juli 2016 pekan lalu, Menteri Keuangan telah menyerahkan “Laporan Pemerintah Tentang Pelaksanaan APBN Semester I Tahun 2016″ kepada Banggar DPR.

Dari laporan tersebut, sebanyak 30 Kementerian dan Lembaga negara masuk dalam ketegori rendah dalam hal penyerapan anggaran, yakni kurang dari 27,5 persen.

“Sekarang jalannya kabinet masih tertatih-tatih. Penyerapan anggaran saja raportnya masih banyak yang merah. Sudah lebih setengah tahun masih banyak yang di bawah 30 persen,” tutup Hetifah.

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Kami Warga Kota Samarinda, Yth. Ibu Hetifah Sampaikan suara kami kepada bpk. Walikota Samarinda bahwa kami merindukan kota layak, Indah dan bersih agar bisa menghapus sebagai icon kota semrawuk di Kalimantan

  2. Yth. Ibu Hetifah Perkenalkan saya Yudha Budisantosa, Camat Tanjung Redeb Kab.Berau-Kaltim. Jika Ibu ke Berau tolong singgah di Kantor Camat Tanjung Redeb, kami ingin memperkenalkan Inovasi : Gerbang Pancasila atau Gerakan Bangga dengan Pancasila.

Lihat semua aspirasi