Perlu Dirumuskan Metode Pengajaran PAUD

JAKARTA, KOMPAS.com (9/6) – Anggota Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, diperlukan rencana strategi tentang standar-standar dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini (PAUD). Menurutnya, pendidikan tidak harus dimulai sejak dini, tetapi juga harus didukung dengan sumber daya yang kompeten dan kebijakan untuk mendorong tercapainya PAUD yang berkualitas dan merata.

“Saya setuju jika pendidikan dimulai sejak dini. Sementara, saat ini terjadi kesenjangan pada komitmen pelaksanaannya,” kata Hetifah, Kamis (9/6/2011), di Gedung DPR RI, Jakarta.

Hetifah memaparkan, meski dengan kompetensi terbatas, sesungguhnya banyak orangtua yang berminat untuk terjun langsung dalam pelaksanaan PAUD. Oleh karena itu, perlu adanya standar metode pengajaran PAUD.

“PAUD itu macam-macam bentuknya. Ada yang bagus tapi biayanya mahal dan tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan. Sehingga, para orangtua yang tidak bisa memasukkan anaknya mengikuti PAUD akan mempunyai perasaan tertinggal,” lanjutnya.

Ia mengusulkan, diadakan sebuah kegiatan transfer metode dan meningkatkan kompetensi guru dengan cara yang sederhana. “Beri pencerahan kepada orangtua melalui pendidikan formal ataupun informal. Selain itu, pemerintah juga harus membantu pengadaan buku-buku cerita dengan tema-tema yang membangun karakter, wawasan kebangsaan yang sesuai dengan anak,” ujarnya.

Selain itu, Hetifah menekankan, perlunya memperkenalkan nilai-nilai Pancasila kepada anak sejak usia dini. “Bisa melalui buku-buku tersebut dan saya harap mereka (pemerintah) berpikir ke arah sana,” katanya.

Tautan lengkap:

http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/09/1511318/Perlu.Dirumuskan.Metode.Pengajaran.PAUD

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamu Alaikum dan Salam Sejahtera Ibu, semoga Ibu dalam Keadaan Sehat Walafiat serta di beri kemudahan dan perlindungan selalu dari Allah, kami dari TIM SUKSES DAN KAJIAN PEMBENTUKAN DAERAH OTONOMI BARU KABUPATEN-KOTA SAMARINDA /SELATAN, bila berkenan kami ingin Ibu Reses di beberapa titik di daerah kami sehubungan dengan pencerahan dan siosialisasi tentang OTDA di daerah Kami, mohon tanggapan dan balasannya , salam Hormat dan terimakasih dari kami Rusdiansyah Rays,SE ( koordinator )

  2. I decided to leave a message here on your Li Lanqing ‒ Dr. Ir. Hetifah, MPP page instead of calling you. Do you need more likes for your Facebook Fan Page? The more people that LIKE your website and fanpage on Facebook, the more credibility you will have with new visitors. It works the same for Twitter, Instagram and Youtube. When people visit your page and see that you have a lot of followers, they now want to follow you too. They too want to know what all the hype is and why all those people are following you. Get some free likes, followers, and views just for trying this service I found: http://cwby.us/1i

Lihat semua aspirasi