Pasar Seni ITB: Serba Sepuluh

Pasar Seni ITB kembali digelar. Dengan mengambil tema “Sesuatu Yang Terlupakan”, pasar seni tahun ini dimeriahkan oleh pertunjukan dari 72 unit kesenian mahasiswa yang terdapat di kampus Ganesha, Bandung ini. Salah satu unit kesenian yang tampil adalah Maha Gotra Ganesha yang didirikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik.

Selain pertunjukan kesenian, Pasar Seni ITB juga diramaikan oleh 350 stand penjual karya seni, 70 stand kuliner, 7 wahana permainan dan pertunjukan, serta dua panggung musik. Kabarnya, perhelatan ini menghabiskan biaya hingga Rp 1 miliar.

web127 Pasar Seni ITB: Serba Sepuluh
Salah satu kesenian yang dipawaikan di acara pembukaan Pasar Seni ITB 2010.

Berbagai wahana unik yang meramaikan gelaran Pasar Seni ITB mulai dari zona tanpa sinyal hingga air doa bisa ditemui di 8 titik yang menjadi lokasi pasar seni. Wahana Menara Jamming di zona No Network Coverage. Di sini pengunjung akan kehilangan sinyal telepon seluler mereka. Area ini merupakan karya mahasiswa Seni Rupa dan Teknik Elektro ITB.

Mahasiswa Teknik Mesin ITB mewujudkan kreasinya dalam Wahana Tamasamasya. Wahana ini menghasilkan Kamar Vibrator dan Lorong Ilusi Waktu. “Kamar Vibrator itu semacam simulasi gempa. Seperti apa kamar vibrator, datang saja ke pasar seni. Suprise hanya untuk pengunjung,” ujar juru bicara panitia Pasar Seni ITB Maharani Mancanegara.

Ada pula Bamboo Beat yang akan menyatukan permainan musik angklung dengan digital komputer buah pikir dari mahasiswa Teknik Informatika ITB. Dalam zona seni tradisi, mahasiswa dan petani serta Dosen Teknik Kimia Mubyar Purwasasmita berupaya menanam padi di dalam pot kantong plastik. Kemudian kreasi bersama mahasiswa berbagai program studi di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB hadir dalam Wahana Neraka dan Museum Masa Depan.

web227 Pasar Seni ITB: Serba Sepuluh
Karya Rosyid “Alat-Alat Pertanian”. Mengingatkan kita, agar jangan meninggalkan pertanian, karena jika ditinggalkan, Indonesia akan selalu import beras.

Wahana Air Doa menjadi salah satu hal yang menarik. Wahana ini banyak melibatkan mahasiswa dari jurusan Kimia, Biologi, Mikrobiologi, Teknik Lingkungan, Geodesi, Mesin, dan Teknik Kimia. Air tersebut berasal dari titik-titik air yang ada di Bandung dan telah didoakan oleh warga. Pengunjung bisa menikmatinya langsung di Pasar Seni ITB 2010.

Sebagai alumni ITB, Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP menilai, Pasar Seni ITB adalah bentuk konkret penciptaan media kreatif sebagai alat komunikasi yang mempertemukan seniman dan industri kreatif dengan konsumen dan penikmat.

Berbagai seniman, turut andil dalam Pasar Seni ITB 2010 ini. Mereka memamerkan hasil karya seni mereka. Menurut Tempo Interaktif (Senin/ 11/10), karya seniman ternama dari Bandung seperti Jeihan Sukmantoro dan Sunaryo, laris manis. Sepuluh lukisan Jeihan ludes dalam setengah jam.

Menurut seorang anak Jeihan, Asasi Andi, seluruhnya ada 11 lukisan yang dibuat Jeihan khusus untuk dijual di Pasar Seni ITB ke-10 kali ini. Sepuluh lukisan langsung diborong selama setengah jam.

Adapun satu lukisan terakhir yang rencananya akan disimpan sebagai koleksi Jeihan, akhirnya ikut dijual juga. “Semuanya rata seharga Rp 25 juta,” katanya kepada Tempo.

Seluruh lukisan tersebut masih berciri khas Jeihan, yaitu perempuan dengan mata hitam. Ukuran masing-masing kanvas 70 x 70 sentimeter.

web316 Pasar Seni ITB: Serba Sepuluh
Inilah patung 3 Mojang yang dibongkar.

Sedangkan perupa Sunaryo, berhasil melelang gambarnya yang memakai charcoal dan akrilik berukuran 120 x 140 sentimeter itu seharga Rp 330 juta. Karya tentang seorang perempuan penari Bali yang berjudul “Sebelum Pentas” tersebut jatuh ke tangan Trisnachandra.

Kolektor asal Jakarta itu menurut Yus Herdiawan dari Selasar Sunaryo Art Space, mengungguli tawaran 18 peminat lainnya. “Dilelang karena peminatnya banyak,” ujarnya di lokasi acara. Selain itu, 180 karya cetak grafis Sunaryo seharga Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta pun ludes dalam hitungan jam.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pasar Seni ITB ini memang benar-benar menarik minat banyak pengunjung. Tak cuma dari Bandung, tetapi berbagai kota, bahkan dari luar negeri. Sejak dibuka pukul 08.00 WIB, ribuan pengunjung langsung menyerbu arena. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Pasar Seni ITB Indra Audi Priatna, pengunjung Pasar Seni ke-10 kali ini diperkirakan mencapai 200 ribu orang.

“Pasar seni ITB ke 10, pada 10-10-10, di ITB jalan Ganesha No. 10 dan hanya berlangsung 10 jam saja,” ungkap Maharani. Tahu dong mengapa menggunakan angka “10”? Sebab tanggal berlangsung Pasar Seni ITB ini bertepatan dengan tanggal, bulan dan tahun yang bernomor “10”, yakni 10 dibulan 10 dan tahun 2010. Jadi serba sepuluh.

Salah satu yang menyedot perhatian adalah potongan Patung 3 Mojang karya I Nyoman Nuarta. Patung ini ditempatkan di depan pintu masuk ITB. Masing-masing mojang terpisah satu sama lain. Bahkan tangan mereka dipisahkan dari badan dan dibiarkan tergolek di aspal.

Di samping Patung 3 Mojang yang terbuat dari logam itu, ada spanduk besar yang berisi surat-surat dari Walikota Bekasi yang meminta perumahan Kota Harapan Indah Bekasi menurunkan Patung 3 Mojang itu pada Juni 2010 lalu, karena diprotes oleh Front Pembela Islam (FPI). Ada pula foto-foto pada saat patung ini didirikan di tengah perumahan itu dan saat pembongkaran.

“Event ini selalu ditunggu dan sangat menunjang pariwisata kota Bandung dan sekitarnya,” komentar Hetifah yang kini menjabat sebagai Ketua Alumni Planologi ITB (API) tahun 2008-2013 ini. “Pasar Seni ITB ini juga memberi nilai tambah pada ikon Bandung sebagai kota kreatif.”

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Selamat pagi Ibu. Kami mengalami hal ini. Begini Ibu, redaksional kami: 1. Kami adalah melompok tani yang tergabung dalam KSU Mitra Sawit Lestari (Misale) menjalin perjanjian plasma inti. Perjanjian plasma inti merupakan kemitraan dengan pola inti-plasma. Dasar hukum mengenai kemitraan dengan pola inti plasma dalam UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (pasal 27) dan PP No. 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan. Menurut hukum koperasi diwakili oleh para pengurusnya (pasal 30 ayat [2] huruf a UU No. 25 Tahun 1992 tentang Koperasi). Bentuk perwakilan antara koperasi dengan petani inti plasma tersebut bisa ada dua kemungkinan, yaitu: • Koperasi selaku kuasa; menandatangani perjanjian mewakili, untuk dan atas nama anggotanya; atau • Koperasi menandatangani perjanjian untuk dan atas nama koperasi itu sendiri, di mana perjanjian tersebut akan dilanjutkan kepada anggota koperasi, dalam hal ini para petani plasma. 2. Luas kebun plasma adalah 120 hektare area loa haur desa tengin baru sepaku penajam paser utara. 3. Kebun kami dibangun dengan pinjaman bank niaga dengan agunan berupa surat kepemilikan tanah (skt) senilai kurang lebih 6 m. 4. Umur tanam sawit kami 9 tahun. 5. Sejak bulan mei 2017, area tersebut di jadikan objek hukum oleh Dinas Kehutanan Provinsi sebagai Tahura berdasar keputusan PN Tanah Grogot. Bagaimana kami mengurus hal ini Ibu? Mohon advicenya..🙏 WA kami 081253463080

  2. Assalamualaikum ibu, saya dari perwakilan komunitas musik samarinda yang tergabung dalam komunitas musik borneo metalcamp, ingin mengajukan proposal kepada ibu sebagai donatur.. Apabila di izinkan kita ingin mengirim proposal.. Mohon di respon ibu.. Wassalamualaikum

  3. Selamat Hari Kartini untuk Ibu Hetifah Semangat dan Teruslah mendorong keterlibatan peran perempuan dalam keterwakilannya di Parlemen. Sebab tanpa perempuan, maka demokrasi kita masih stagnan. Salam Kartini Indonesia !!! Selamat Berjuang ! Selamatkan Perempuan Indonesia dari Ketertindasan...

Lihat semua aspirasi