Menjelang Natal, Pelabuhan Tanjung Perak Siapkan 32 Kapal

Bisnis.com, JAKARTA—Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menyiapakan 32 kapal untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2013.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, I Nyoman Gede Saputra menambahkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait khususnya para operator kapal.

“Sedikitnya akan ada 32 kapal yang siap melayani angkutan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013,” ujarnya melalui siaran pers kepada Bisnis, Kamis (20/12/2012)

Sebagian besar kapal memiliki rute menuju Indonesia Timur seperti Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Maluku, hingga Papua.  Adapun untuk kapal perintis melayani rute-rute pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura.

“Kami memprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang 5% baik yang turun maupun yang naik di Pelabuhan Tanjung Perak selama musim libur Natal dan Tahun Baru mulai H-7 hingga H+7,” katanya.

Selama musim libur Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 lalu jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak 28.512 orang, sedangkan penumpang yang naik 22.521 orang.

Kunjungan Kerja Komisi V

Anggota komisi V DPR RI juga melakukan peninjauan lapangan terkait kesiapan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dalam menghadapi angkutan Natal dan Tahun Baru 2013 pada Kamis 20 Desember 2012.

Sembilan orang anggota Komisi V DPR RI itu diterima oleh Direktur Utama PT Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, I Nyoman Gede Saputra, dan Kepala Kantor Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak, Chris P Wanda, di Kantor Pusat PT Pelindo III (Persero).

Direktur Utama PT Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto menjelaskan Pelabuhan Tanjung Perak siap menerima kedatangan pemudik Natal dan Tahun Baru.

Djarwo menambahkan pihaknya telah menyiapkan Terminal Gapura Surya dan Terminal Gapura Nusantara, serta Terminal Ro-Ro sebagai lokasi kedatangan para pemudik.

“Untuk alokasi tambatan kapal kami siapkan 500 meter di Dermaga Jamrud Utara, 120 meter di Dermaga Jamrud Selatan dan 120 meter di Dermaga Ro-Ro,” ujarnya.

Fasilitas terminal penumpang Gapura Surya memiliki luas gedung 4.522 m­­ dan dapat menampung 1.000 orang. Adapun Gapura Nusantara memiliki luas gedung 4.522 m2 dengan daya tampung 1.500 orang, serta Terminal Ro-Ro memiliki luas gedung 2.866 m dengan daya tampung 700 orang.

Djarwo menambahkan pihaknya pada beberapa tahun mendatang akan membangun terminal penumpang modern dan dilengkapi dengan Garbarata.

Sumber: Bisnis.com. Libur Natal, 32 Kapal Disiapkan Pelabuhan Tanjung Perak. Diakses dari: http://www.bisnis.com/articles/libur-natal-32-kapal-disiapkan-pelabuhan-tanjung-perak

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamualaikum wr wb Selamat malam Bu mohon maaf mengganggu aktivitasnya. perkenalkan saya Derviansyah dari fakultas kehutanan Unmul dan LEM Sylva Mulawarman.Prihal saya menghubungin ibu.Saya ingin bersilaturahmi jika ibu tidak ada kesibukan .Mohon maaf sebelumnya saya mengubungin ibu lewat Instagram Terimakasih bu

  2. Kami Warga Kota Samarinda, Yth. Ibu Hetifah Sampaikan suara kami kepada bpk. Walikota Samarinda bahwa kami merindukan kota layak, Indah dan bersih agar bisa menghapus sebagai icon kota semrawuk di Kalimantan

Lihat semua aspirasi