Mempermasalahkan Peran Guru

Menurut data Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), ternyata saat ini 68% sekolah di kota, kelebihan guru. Ironisnya 37% sekolah di desa dan 66% sekolah di daerah terpencil kekurangan guru. Inilah yang membuat komposisi guru tidak merata di sejumlah daerah. “Jadi sebenarnya yang bermasalah bukan jumlah guru, tetapi distribusi guru yang tak seimbang,” ujar Fasli Djalal dalam Konferensi Penelitian Mengenai Isu-Isu Tentang Anak di Indonesia yang diselenggarakan oleh Bappenas, Unicef, dan lembaga penelitian Semeru di Bidakara, Jakarta hari ini, Senin, 21 November 2010. Ketidakmerataan guru di kota dan di daerah tak lain, karena masalah pendapatan. Bukan rahasia lagi, menjadi guru di kota lebih menjanjikan daripada di desa, apalagi di daerah terpencil. Sebagai perbandingan, guru di kota besar seperti Jakarta mendapatkan gaji dan tunjangan yang jauh lebih besar daripada di kota lain. Dengan kota “tetangganya” saja, Bekasi, pendapatan guru di Jakarta lebih besar. Tak heran banyak guru yang dulu mengajar di Bekasi lebih suka pindah mengajar di kota Jakarta hanya gara-gara ingin mendapatkan pendapatan yang besar. Dalam konfrensi yang dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk anggota DPR RI ini, Fasli memaparkan permasalahan peran guru. Selain komposisi guru tidak merata, persoalan lain adalah soal kualitas guru. Bahwa dari 2.783.321 guru yang ada sekarang, 500 ribu guru pendidikan mereka hanya setara SMA, bahkan sebagian tidak lulus SPG atau SGA. Inilah yang menjadi PR pemerintah di tahun 201o.

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Infrastruktur transportasi di jalan Kubar Mahulu memprihatinkan kami minta kejelasan dalam proses pembangunan agar dapat cepat dilalui karena sangat vital

  2. kebenaran cara simulasi ibu memang patut di acungkan jempol. karna simulasi dicaleq lain sistim perjudian' dgn memberikan bermacam fasilitas yg ujung ujungnya mengharapkan keuntungan yg lbh besar. begitupun kebanyakan tim sukses seperti musuh dlm selimut.

  3. kmi warga msyarakat kaltim supriadi/rabaisyah wali murid dri.. Leo wardana. mendukung spenuh hati.. utk ibu.. smoga di ridhoi Allah.swt amiin. hti ibu adalah hati masyarakat.. jazakumulloh khoiron khatsirro.. amiiin..

Lihat semua aspirasi