DSCN0096-2

Kunjungi Universitas Mulawarman, Politisi Golkar Hetifah Dorong Keterwakilan Perempuan

 

Sambil berbagi pengalaman kepada para mahasiswa dalam kunjungannya ke Universitas Mulawarman, politisi Partai Golkar Hetifah Sjaifudian dorong keterwakilan perempuan di parlemen dan menjadi role model dalam dunia perpolitikan di Indonesia. Pada Kamis (25/1/2018), Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia Wilayah Kaltim-tara menyelenggarakan Seminar Legislatif Mahasiswa. Seminar ini bertempat di ruang dekanat Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Seminar kampus ini menghadirkan beberapa tokoh politisi. Tokoh yang hadir sebagai pembicara adalah Hetifah Sjaifudian (Anggota DPR RI), Syafruddin (Anggota DPRD Provinsi Kaltim), Jumardi (Ketua DPM KM Unmul), dan Dwi Lutfi (Forum Legislatif). Tema seminar tersebut adalah “Menciptakan Sinergitas antara Lembaga Legislatif Mahasiswa Kaltim-Kaltara Demi Mengembalikan Marwah Perjuangan Mahasiswa” Acara seminar ini dihadiri lebih dari 200 peserta.

Acara seminar berlangsung meriah karena para mahasiswa antusias mengikuti acara tersebut. Tokoh-tokoh politisi yang hadir sebagai pembicara di acara tersebut menyampaikan ilmu dan berbagi berbagai pengalaman yang telah dilalui, pemahaman tentang kegiatan sebagai legislator. Para pembicara juga memberikan dorongan dan antusiasme kepada para mahasiswa, sebagai upaya menumbuhkan semangat juang bagi para mahasiswa untuk mengarahkan perjuangannya, masuk dalam bidang politik di Indonesia.

Hetifah Sjaifudian secara khusus menceritakan pengalamannya sebelum menjadi legislator, yaitu sebagai aktivis kampus. Banyak kegiatan kampus ditekuninya, hingga menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan di Kampus ITB, Bandung. Politisi Partai Golkar ini mengatakan hal tersebut memberikan keuntungan karena mengerti fakta dan data. “Dulu Saya berkiprah sebagai aktivis kampus. Lalu lanjut aktif di LSM. Hal ini saya akui justru menguntungkan saya, karena saya menjadi terbiasa berbicara dengan fakta dan data”, papar Legislator Golkar yang mewakili dapil Kaltim Kaltara ini.

Lebih lanjut, sosok politisi perempuan Golkar ini menyampaikan, bahwa syarat perempuan untuk menjadi seorang politisi adalah memiliki passion yang besar untuk mengubah sesuatu, menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat, memiliki cita-cita serta orientasi perjuangan politik.

Hetifah Sjaifudian mengungkapkan bahwa dirinya memiliki misi agar para politisi yang berkecimpung di bidang politik lebih banyak berbicara dengan data dan fakta. “Saya punya misi mendorong para pemangku kebijakan untuk dapat berbicara berdasar fakta dan data. Karena saya lihat di parlemen jarang ada keputusan yang berdasarkan data-data yang sesuai fakta. Keputusan umumnya disesuaikan dengan kepentingan politik”, demikian ungkap Hetifah.

Sebagai politisi perempuan Golkar, yang aktif memperjuangkan keterwakilan perempuan dalam bidang politik, Hetifah Sjaifudian juga tidak lupa mendorong para mahasiswa perempuan untuk turut memiliki andil dalam dunia politik. Dalam upaya untuk terus meningkatkan keterwakilan perempuan, berbagai hal sudah dilakukan untuk mendorong perempuan terus berkarya dan tidak mudah putus asa. “Perempuan diharapkan menjadi role model. Perjuangan perempuan bahkan harus tiga kali lebih dari laki-laki. Justru itu tantangannya. Perempuan harus bisa”, demikian ujar Hetifah memberi semangat para mahasiswa. Berbagi pengalaman dan dorongan semangat kepada para mahasiswa, khususnya mahasiswa perempuan untuk terus maju dna bergerak. Harapannya, politisi perempuan dapat tampil menjadi role model sosok politik yang baik.

*) sumber : Radar Aktual

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Bu..tolong kami para guru honorer ptt SMA Negeri se Kal-Tim d bawah propinsi, upah kami hanya 1,3 jt jauh d bwh UMP 2,5 jt..dan kesejahteraan kami d bwh guru2 TK d daerah..tolong kami bu..

  2. Bu tolong di bantu kami dr guru honor TKK SMA d kutai barat, sejak kami bernaung di bawah Pemrrintah Prop. Kaltim hidup kami susah, gaji kami d potong drastis hidup kami benar2 susah bu, harus terus pinjam uang kesana kesini utk kebutuhan sehari2, sedangkan biaya hidup di Kutai Barat sangat mahal..tolong kami y bu biar nasib para guru TKK SMA d Kutai Barat bs lebih baik..

  3. Selamat pagi Ibu. Kami mengalami hal ini. Begini Ibu, redaksional kami: 1. Kami adalah melompok tani yang tergabung dalam KSU Mitra Sawit Lestari (Misale) menjalin perjanjian plasma inti. Perjanjian plasma inti merupakan kemitraan dengan pola inti-plasma. Dasar hukum mengenai kemitraan dengan pola inti plasma dalam UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (pasal 27) dan PP No. 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan. Menurut hukum koperasi diwakili oleh para pengurusnya (pasal 30 ayat [2] huruf a UU No. 25 Tahun 1992 tentang Koperasi). Bentuk perwakilan antara koperasi dengan petani inti plasma tersebut bisa ada dua kemungkinan, yaitu: • Koperasi selaku kuasa; menandatangani perjanjian mewakili, untuk dan atas nama anggotanya; atau • Koperasi menandatangani perjanjian untuk dan atas nama koperasi itu sendiri, di mana perjanjian tersebut akan dilanjutkan kepada anggota koperasi, dalam hal ini para petani plasma. 2. Luas kebun plasma adalah 120 hektare area loa haur desa tengin baru sepaku penajam paser utara. 3. Kebun kami dibangun dengan pinjaman bank niaga dengan agunan berupa surat kepemilikan tanah (skt) senilai kurang lebih 6 m. 4. Umur tanam sawit kami 9 tahun. 5. Sejak bulan mei 2017, area tersebut di jadikan objek hukum oleh Dinas Kehutanan Provinsi sebagai Tahura berdasar keputusan PN Tanah Grogot. Bagaimana kami mengurus hal ini Ibu? Mohon advicenya..🙏 WA kami 081253463080

Lihat semua aspirasi