DSCN9208

Kowani Gelar Pembekalan Bagi Bakal Caleg Perempuan

 

Jakarta Kabar3.com – Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menggelar sosialisasi Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Pembekalan Bagi Bakal Calon Anggota Legislatif. Acara ini dihadiri para perempuan dari berbagai organisasi yang tergabung dalam Kowani.

Ony Jafar Hafsah selaku Ketua Kowani yang mewakili Giwo Rubianto Wiyogo Ketua Umum Kowani, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya para caleg perempuan untuk memahami aturan Pemilu.

“Bidang Politik Kowani menitikberatkan program pengetahuan sistem Pemilu dan kepartaian pada perempuan karena sangat berpengaruh pada pentingnya keterwakilan perempuan di sektor publik,” ujar Onny.

Hadir pula Hetifah sebagai narasumber di acara ini yang merupakan Anggota Komisi II DPR RI. Ia menyebutkan, bahwa perempuan yang akan mencalonkan diri wajib mengetahui dan memahami seluruh isi UU Pemilu.

Ia juga menjelaskan bahwa banyak sekali pengaturan yang diatur dalam UU Pemilu karena mengatur aturan tentang penyelenggara Pemilu, Pileg dan Pilpres.

“Kalau keserentakan Pemilu ini kan berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). UU Pemilu ini mengatur ketentuan terkait penyelenggara Pemilu, Pileg dan Pilpres,” cetus Politisi Golkar ini kepada Kabar3.com melalui pesan singkatnya, Kamis (1/3/2018).

Berkenaan dengan pencalegan perempuan, ia membagi pengalaman sebagai caleg dan menuturkan ada lima hal penting yang harus diperhatikan perempuan bakal caleg.

“Ada lima hal penting bagi caleg-caleg perempuan yaitu dukungan partai, keluarga, jaringan sosial, pendanaan serta tim,” tegasnya.

Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu mengungkapkan, bahwa sejak sekarang bakal caleg perempuan sudah harus membuat tim pemenangan karena pendaftaran caleg sudah dekat.

“Setiap ada perempuan yang kelihatannya pingin nyaleg, saya selalu tanya, sudah buat tim belum. Harus segera membentuk tim,” tutur Hetifah.

Menurutnya, tim sangatlah penting agar dapat dibentuk dari kader-kader partai yang punya loyalitas dan kompetensi. Selain itu, caleg juga bisa merekrut anak-anak muda sebagai tim sukses.

“Cari dari orang terdekat atau orang yang dikenal untuk tim inti karena selain kompetensi, loyalitas sangatlah penting. Ikut sertakan kader partai muda atau mahasiswa dalam internship di tim sukses,” tutupnya.

*) sumber : Kabar3

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Yth. Ibu Hetifah Perkenalkan saya Yudha Budisantosa, Camat Tanjung Redeb Kab.Berau-Kaltim. Jika Ibu ke Berau tolong singgah di Kantor Camat Tanjung Redeb, kami ingin memperkenalkan Inovasi : Gerbang Pancasila atau Gerakan Bangga dengan Pancasila.

  2. Bu..tolong kami para guru honorer ptt SMA Negeri se Kal-Tim d bawah propinsi, upah kami hanya 1,3 jt jauh d bwh UMP 2,5 jt..dan kesejahteraan kami d bwh guru2 TK d daerah..tolong kami bu..

Lihat semua aspirasi