DSCN7330-22

Kaltim Perlu Terobosan di Sektor Pariwisata

 

PROKAL.COSAMARINDA – Provinsi Kaltim memiliki beragam objek wisata, khususnya di Kabupaten Berau dan Kutai Kartanegara (Kukar). Namun, hanya 800 wisatawan mancanegara yang datang ke Kaltim dalam setahun. Angka tersebut terbilang minim dibanding daerah lain.

Demikian diungkapkan anggota Komisi II DPR RI Hetifah Sjaifudian. Menurut dia, pemerintah daerah harus fokus pada pembangunan pariwisata, seperti mengenal kebudayaan masyarakat Dayak. Namun, diperlukan peningkatan keamanan dan keramahan masyarakat. “Ini penting,” ujarnya.

Selain itu, wisata penelusuran sungai masih kurang. Padahal di daerah lain atau di luar negeri, sungai memiliki kekuatan tersendiri. “Ini harus diterapkan. Apalagi Sungai Mahakam termasuk sungai terpanjang di Kalimantan,” ungkapnya.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, infrastruktur yang belum merata memang jadi kendala. “Makanya perlu dibuat wisata terintegrasi. Misal, untuk wisata budaya, Kaltim kan punya Kukar. Kalau perlu dipaketkan, misal wisata Jogjakarta-Kukar. Sehingga wisatawan mancanegara nyaman menentukan pilihan,” jelasnya.

Apabila tidak seperti itu, Hetifah menilai, Kaltim akan kalah bersaing dengan wisata budaya daerah lain. “Saya rasa itu strategi yang baik, supaya wisata di Kaltim maju. Memang perlu terobosan-terobosan baru agar wisata di Kaltim dapat dilirik wisatawan asing,” terangnya.

“Harus diingat, wisata maju di Kaltim kebanyakan dimiliki orang asing. Ini harus hati-hati. Apalagi masalah pertanahan dan kepemilikan. Bisa saja menggunakan nama warga sekitar, pada kenyataannya tidak. Saya sudah membuktikan saat berkunjung ke Maratua,” ujarnya.

*) sumber : Kaltimpost

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamualaikum wr wb Selamat malam Bu mohon maaf mengganggu aktivitasnya. perkenalkan saya Derviansyah dari fakultas kehutanan Unmul dan LEM Sylva Mulawarman.Prihal saya menghubungin ibu.Saya ingin bersilaturahmi jika ibu tidak ada kesibukan .Mohon maaf sebelumnya saya mengubungin ibu lewat Instagram Terimakasih bu

  2. Kami Warga Kota Samarinda, Yth. Ibu Hetifah Sampaikan suara kami kepada bpk. Walikota Samarinda bahwa kami merindukan kota layak, Indah dan bersih agar bisa menghapus sebagai icon kota semrawuk di Kalimantan

Lihat semua aspirasi