Dua Perempuan Kaltim Lolos ke Senayan

Artikel ini telah dipublikasikan di surat kabar Tribun Kaltim pada tanggal 4 Mei 2009.

SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim telah memplenokan rekapitulasi perolehan suara DPR RI di KPU Pusat, Minggu (3/5) sore. Sebanyak delapan caleg daerah pemilihan (dapil) Kaltim lolos ke Senayan. Dua di antaranya perempuan yakni Dr Hetifah (Partai Golkar) dan Adji Farida Padmo Ardan (Partai Demokrat).

Anggota KPU Provinsi Kaltim Syahrin Naihasy membenarkan, KPU Provinsi Kaltim telah menyelesaikan pleno perhitungan rekapitulasi untuk calon anggota (caleg) DPR RI dapil Provinsi Kaltim. Ia mengatakan, hasil pleno perolehan suara caleg DPR RI akan diumumkan 25 Mei di KPU Pusat.

“Penghitungan rekapitulasi DPR RI dapil Provinsi Kaltim mulai tadi siang di KPU Pusat. Semua sudah dihitung berdasarkan rekapan di tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Soal siapa caleg- caleg yang lolos, nanti KPU Pusat yang mengumumkan tanggal 25 Mei nanti. Untuk pengumuman caleg DPRD Provinsi itu tanggal 18 Mei jam 3 sore,” ujar Syahrin, saat dikonfirmasi Tribun berada di kantor KPU Pusat, Minggu (3/5).

Menurutnya, dari hasil rekapitulasi perolehan suara DPR RI untuk daerah pemilihan (dapil) Kaltim, berdasarkan perolehan suara partai diraih Golkar dengan angka 249.127 suara. Caleg DPR RI dari Partai Golkar yang mewakili Kaltim yaitu Mahyudin dan Hetifah.

Posisi kedua kedua perolehan suara partai, ditempati Partai Demokrat. Jumlah suara Golkar dan Demokrat hanya selisih 7.584. Demokrat hanya mampu mendulang suara 241.543. Caleg dari Partai Demokrat yang menuju kursi senayan, selain Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim Yusran Aspar ditemani Adji Farida Padmo Ardan.

Sedangkan perolehan suara PDIP harus puas diurutan ketiga. PDIP mengantongi suara sebanyak 157.240, kembali menyorongkan caleg Emir Moeis duduk di Senayan. Sementara PKS juga hanya mendapatkan satu kursi dengan meraih 126.416 yang akan diwakilkan Aus Hidayat Nur.

Jumlah perolehan suara yang tidak mencapai ratusan ribu, diraih PPP dan Partai Gerindra. Nanang Sulaiman, caleg dari PPP dipastikan akan berkantor di Senayan juga dengan meraih total suara partai 76.718.

Partai Gerindra merupakan partai baru namun sepak terjangnya mampu menggeser partai lama seperti PAN. Meski hanya mendapatkan suara 64.390 suara, Gerindra tetap mendapatkan jatah kursi paling buncit, diwakilikan Desmon Junaedi Mahesa.(bud)

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamualaikum wr wb Selamat malam Bu mohon maaf mengganggu aktivitasnya. perkenalkan saya Derviansyah dari fakultas kehutanan Unmul dan LEM Sylva Mulawarman.Prihal saya menghubungin ibu.Saya ingin bersilaturahmi jika ibu tidak ada kesibukan .Mohon maaf sebelumnya saya mengubungin ibu lewat Instagram Terimakasih bu

  2. Kami Warga Kota Samarinda, Yth. Ibu Hetifah Sampaikan suara kami kepada bpk. Walikota Samarinda bahwa kami merindukan kota layak, Indah dan bersih agar bisa menghapus sebagai icon kota semrawuk di Kalimantan

Lihat semua aspirasi