1-sebengkok

Catatan Perjalanan Reses (3)

Silaturahmi Dengan Istri-istri Nelayan Catatan Perjalanan Reses (3)

Malam lalu (3/11), saya berkesempatan untuk bersilaturahmi dengan ibu – ibu yang tergabung di dalam pengajian RATIB NUR HADAT di Kelurahan Sebengkok Kota Tarakan.

Para ibu yang sehari-harinya adalahibu rumah tangga yang mendampingi suami menjadi nelayan ini, terlihat cantik dengan aneka baju muslimah yang modis. Meski mengaku baju yang mereka pakai adalah hadiah, namun saya senang melihat keceriaan dan semangat mereka atas pertemuan kami. Padahal para ibu ini adalah kelompok istri nelayan yang kehidupan sehari-harinya sebetulnya masih memprihatinkan.

Kehidupan nelayan dan keluarganya di berbagai pesisir Indonesia memang belum sepenuhnya sejahtera. Kondisi nelayan tradisional  yang mengandalkan perahu dan alat tangkap tradisional memang menjadi salah satu penyebab penghasilan nelayan tidak maksimal. Mereka tidak bisa pergi jauh ke tengah laut utk menangkap ikan. Apalagi dengan kondisi cuaca yang turut mempengaruhi kesempatan nelayan tradisional turun ke laut. Seringkali mereka tidak bisa sepanjang tahun pergi ke laut karena ada masanya cuaca sangat buruk yang tidak memungkinkan mereka melaut.

Penghasilan yang terbatas bagi keluarga nelayan ini dikeluhkan oleh ibu-ibu kepada saya, malam kemarin. Penghasilan yang masih pas-pasan itu semakin terasa berat ketika biaya hidup juga ikut terus naik. Contoh keluhan para ibu ini salah satunya adalah gas alam untuk rumah tangga yang biasanya mereka pakai tiba-tiba oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) tarifnya naik berkali-kali lipat, lebih dari 100%.

Saya merasa ikut prihatin dan berharap ada yang bisa saya lakukan, agar persoalan tersebut bisa segera medapat solusi yang tepat.

Pertemuan yang serius namun penuh senda tawa ini diselingi oleh makan soto banjar yang lezat buatan tuan rumah.

Soto banjar yang lezat tersebut menginspirasi saya untuk menyemangati ibu-ibu mencari usaha  untuk menambah penghasilan keluarga. Sudah banyak kasus perempuan-perempuan tangguh yang berjuang untuk keluarganya. Baik sebagai penghasil nafkah utama maupun penghasilan tambahan keluarga. Jadi tak heran para ibu menyambut baik usulan saya dan bersemangat untuk mulai merencanakan usaha yang bisa dilakukan.

Beberapa usulan rencana usaha kami bahas malam itu. Termasuk rencana pemasarannya melalui bandara kota Tarakan dan melalui internet.

Pertemuan tidak terasa memasuki penghujung malam yang mengharuskan kami berpisah. Banyak hal positif dan baik yang kami bahas malam itu dan akan kami selesaikan bersama. Karena tidak mungkin saya sendirian menyelesaikannya, dan para ibu ini juga tak bisa sendirian, jadi kami sepakat akan bekerja sama. Sungguh kebersamaan itu sangat berarti. Sukses dan semangat untuk para ibu hebat ini.

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Selamat pagi Ibu. Kami mengalami hal ini. Begini Ibu, redaksional kami: 1. Kami adalah melompok tani yang tergabung dalam KSU Mitra Sawit Lestari (Misale) menjalin perjanjian plasma inti. Perjanjian plasma inti merupakan kemitraan dengan pola inti-plasma. Dasar hukum mengenai kemitraan dengan pola inti plasma dalam UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (pasal 27) dan PP No. 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan. Menurut hukum koperasi diwakili oleh para pengurusnya (pasal 30 ayat [2] huruf a UU No. 25 Tahun 1992 tentang Koperasi). Bentuk perwakilan antara koperasi dengan petani inti plasma tersebut bisa ada dua kemungkinan, yaitu: • Koperasi selaku kuasa; menandatangani perjanjian mewakili, untuk dan atas nama anggotanya; atau • Koperasi menandatangani perjanjian untuk dan atas nama koperasi itu sendiri, di mana perjanjian tersebut akan dilanjutkan kepada anggota koperasi, dalam hal ini para petani plasma. 2. Luas kebun plasma adalah 120 hektare area loa haur desa tengin baru sepaku penajam paser utara. 3. Kebun kami dibangun dengan pinjaman bank niaga dengan agunan berupa surat kepemilikan tanah (skt) senilai kurang lebih 6 m. 4. Umur tanam sawit kami 9 tahun. 5. Sejak bulan mei 2017, area tersebut di jadikan objek hukum oleh Dinas Kehutanan Provinsi sebagai Tahura berdasar keputusan PN Tanah Grogot. Bagaimana kami mengurus hal ini Ibu? Mohon advicenya..🙏 WA kami 081253463080

  2. Assalamualaikum ibu, saya dari perwakilan komunitas musik samarinda yang tergabung dalam komunitas musik borneo metalcamp, ingin mengajukan proposal kepada ibu sebagai donatur.. Apabila di izinkan kita ingin mengirim proposal.. Mohon di respon ibu.. Wassalamualaikum

  3. Selamat Hari Kartini untuk Ibu Hetifah Semangat dan Teruslah mendorong keterlibatan peran perempuan dalam keterwakilannya di Parlemen. Sebab tanpa perempuan, maka demokrasi kita masih stagnan. Salam Kartini Indonesia !!! Selamat Berjuang ! Selamatkan Perempuan Indonesia dari Ketertindasan...

Lihat semua aspirasi