whatsapp-image-2016-11-05-at-07-08-40-1

Catatan Perjalanan Reses (2)

Berdialog Dengan Pendamping Desa

Pendamping Desa yang bertugas dalam mengembangkan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat, mempunyai peran yang sangat besar dalam proses  pembangunan desa, khususnya setelah desa memiliki kemandirian untuk pro aktif merencanakan dan memanfaatkan dana desanya.

Saya senang sekali pada kesempatan kunjungan kerja saya ke kota Tarakan kemarin (3/11), saya dapat bertemu dengan para Pendamping desa se provinsi Kaltara, dalam Pelatihan Pra tugas Pendamping Desa. Sejumlah 44 orang Pendamping Desa saya lihat mengikuti pelatihan dengan antusias.

Ketika kami berdialog, ada beberapa persoalan  yang disampaikan kepada saya terkait tugas pendamping desa, diantaranya adalah:

  1. Perlu adanya Pusat Pengaduan sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi dan permasalahan di desa yang sangat komplek dan beragam.
  2. Permohonan penyesuaian dana transportasi dari masing-masing daerah asal pendamping, yang selama ini terbilang sangat kecil untuk dapat menjangkau desa-desa terpencil dan sulit aksesnya.
  3. Adanya harapan agar kualifikasi dan passing grade untuk pendamping desa dapat diturunkan, agar dapat merekrut tenaga lokal, dimana mereka memiliki kelebihan lebih menguasai daerah penugasannya. Saat ini hal tersebut tidak dapat dilakukan karena kualifikasi tenaga lokal tidak memenuhi standar yang ditetapkan.

Beberapa usulan tersebut akan saya teruskan kepada pihak terkait yaitu Kementerian Desa secara khusus dan Komisi II DPR secara umum.

Selamat bertugas teman-teman Pendamping Desa, tugas mulia telah menanti anda untuk membangun desa bersama masyarakat desa.

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamualaikum wr wb Selamat malam Bu mohon maaf mengganggu aktivitasnya. perkenalkan saya Derviansyah dari fakultas kehutanan Unmul dan LEM Sylva Mulawarman.Prihal saya menghubungin ibu.Saya ingin bersilaturahmi jika ibu tidak ada kesibukan .Mohon maaf sebelumnya saya mengubungin ibu lewat Instagram Terimakasih bu

  2. Kami Warga Kota Samarinda, Yth. Ibu Hetifah Sampaikan suara kami kepada bpk. Walikota Samarinda bahwa kami merindukan kota layak, Indah dan bersih agar bisa menghapus sebagai icon kota semrawuk di Kalimantan

Lihat semua aspirasi