Catatan Penting dari Pidato Obama

Asalamualaikum. Salam Sejahtera pulang kampung nih.”

Begitulah pidato Presiden Amerika Barrack Obama di Universitas Indonesia yang berhasil memikat banyak orang. Tak cuma 7.500 undangan yang memadati Gedung Balairung, Depok, Jawa Barat, tetapi juga sebagian besar masyarakat yang menyaksikan lewat siaran langsung di televisi kemarin (11/10). Awal pidatonya tersebut langsung disambut aplaus dan teriakan audensi.

Dalam tiga puluh menit pidatonya, Obama berpidato mengenai keberagaman beragama, pembangunan demokrasi, dan tak lupa menyelipkan nostalgia masa kecilnya. Berbeda dengan gaya pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kaku, Obama tampil mengalir dan lugas. Olah gerak yang ditampilkan Presiden keturunan Afrika pertama di AS ini sungguh mampu mencairnya suasana undangan yang mayoritas adalah pelajar, akademisi, dan politisi. Tak heran jika dalam 30 menit pidato, Obama mendapat 27 kali tepuk tangan.

Obama menceritakan memori masa kecilnya sejak kali pertama dia datang ke Jakarta pada 1967. Dia menegaskan jati dirinya sebagai warga pendatang yang tinggal bersama ayah tiri seorang warga Indonesia bernama Lolo Soetoro yang juga seorang muslim di Menteng Dalam. Obama menyebutkan dua landmark Jakarta yang telah ada sejak puluhan tahun silam yakni Hotel Indonesia dan pusat perbelanjaan Sarinah.

“Dulu Becak dan Bemo jumlahnya melebihi kendaraan lain. Sekarang jalan tol telah menggusur jalan-jalan kampung yang terbuat dari tanah,” kata dia.

Selain becak, bemo, dan gedung Sarinah, Obama juga mengenang makanan favoritnya ketika tinggal di Jakarta yakni sate dan bakso. Hebatnya, tanpa sungkan, orang nomor satu Amerika Serikat ini menirukan suara penjual sate dan bakso ketika menawarkan dagangannya di kampung-kampung.

“Saya masih ingat bagaimana memanggil (penjual sate, Red) Sateee. Baksoo.. enak ya,” ujarnya dalam bahasa Inggris bercampur bahasa Indonesia.

Tentu, dalam pidatonya tersebut Obama juga menyampaikan belasungkawa dan mendoakan agar semua korban bencana alam di Indonesia diberikan kekuatan dan ketabahan. Mewakili pemerintah AS, dia mengaku siap mengulurkan bantuan baik dalam bentuk materi maupun dalam bentuk lain kepada pemerintah Indonesia.

“Indonesia adalah bagian dari saya,” ujarnya.

Menurut anggota DPR RI Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP, pidato Obama luar biasa. Beberapa catatan penting dari pidato tersebut adalah tentang demokrasi di Indonesia yang sudah cukup maju, yakni dengan pemilihan langsung yang berhasil menelorkan Presiden SBY.

“Obama mengatakan, kemerdekaan berarti peluang belajar dan bekerja juga kebebasan untuk memilih,” ujar Hetifah, salah satu anggota DPR RI yang bulan Januari 2011 nanti diundang oleh Parlemen dari Amerika Serikat untuk mengikuti program selama 1 minggu.

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Selamat pagi Ibu. Kami mengalami hal ini. Begini Ibu, redaksional kami: 1. Kami adalah melompok tani yang tergabung dalam KSU Mitra Sawit Lestari (Misale) menjalin perjanjian plasma inti. Perjanjian plasma inti merupakan kemitraan dengan pola inti-plasma. Dasar hukum mengenai kemitraan dengan pola inti plasma dalam UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (pasal 27) dan PP No. 44 Tahun 1997 tentang Kemitraan. Menurut hukum koperasi diwakili oleh para pengurusnya (pasal 30 ayat [2] huruf a UU No. 25 Tahun 1992 tentang Koperasi). Bentuk perwakilan antara koperasi dengan petani inti plasma tersebut bisa ada dua kemungkinan, yaitu: • Koperasi selaku kuasa; menandatangani perjanjian mewakili, untuk dan atas nama anggotanya; atau • Koperasi menandatangani perjanjian untuk dan atas nama koperasi itu sendiri, di mana perjanjian tersebut akan dilanjutkan kepada anggota koperasi, dalam hal ini para petani plasma. 2. Luas kebun plasma adalah 120 hektare area loa haur desa tengin baru sepaku penajam paser utara. 3. Kebun kami dibangun dengan pinjaman bank niaga dengan agunan berupa surat kepemilikan tanah (skt) senilai kurang lebih 6 m. 4. Umur tanam sawit kami 9 tahun. 5. Sejak bulan mei 2017, area tersebut di jadikan objek hukum oleh Dinas Kehutanan Provinsi sebagai Tahura berdasar keputusan PN Tanah Grogot. Bagaimana kami mengurus hal ini Ibu? Mohon advicenya..🙏 WA kami 081253463080

  2. Assalamualaikum ibu, saya dari perwakilan komunitas musik samarinda yang tergabung dalam komunitas musik borneo metalcamp, ingin mengajukan proposal kepada ibu sebagai donatur.. Apabila di izinkan kita ingin mengirim proposal.. Mohon di respon ibu.. Wassalamualaikum

  3. Selamat Hari Kartini untuk Ibu Hetifah Semangat dan Teruslah mendorong keterlibatan peran perempuan dalam keterwakilannya di Parlemen. Sebab tanpa perempuan, maka demokrasi kita masih stagnan. Salam Kartini Indonesia !!! Selamat Berjuang ! Selamatkan Perempuan Indonesia dari Ketertindasan...

Lihat semua aspirasi