Bosda SMA/MA Rp 2 juta, SMK Rp 2,5 juta/ tahun

Selain program Bidik Misi, warga miskin di Kalimantan Timur (Kaltim) juga mendapatkan kesempatan untuk menyekolahkan anak-anak mereka, karena pemerintah provinsi (pemprov) telah menganggarkan bantuan operasional sekolah (Bosda) kepada SMA/MA/SMK se-Kaltim.

Adapun nilai Bosda untuk SMA/MA sebesar Rp 1 juta per siswa per tahun, sedangkan untuk SMK sebesar Rp 1,5 juta per siswa per tahun. Namun, ketika terjadi nota kesepakatan bersama (MoU) antara Gubernur, Bupati, dan Walikota, Bosda berubah menjadi Rp 2 juta per siswa per tahun untuk siswa/i SMA/MA dan Rp 2,5 juta untuk siswa/i SMK.

Mekanisme pemberian Bosda tersebut dalam bentuk bantuan keuangan ke kabupaten/ kota yang didasarkan pada data terbaru jumlah siswa dari kabupaten dan kota.

Seperti diketahui, program unggulan pemprov Kaltim adalah Wajib Belajar 12 tahun, dimana setiap anak berhak memperoleh pendidikan. Mereka yang kurang mampu, pemprov berkewajiban membiayainya. Hal tersebut sudah tertuang di Peraturan Daerah (Perda) Kaltim Nomor 3 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan.

Masih berkaitan dengan dana pendidikan, bahwa pengelolaan dana untuk pendidikan di Kaltim tidak dikelola pada satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti Dinas Pendidikan, tetapi juga ada di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan lain-lain.

Alokasi dana dari APBD Provinsi Kaltim 2011 adalah 20% sebagaimana perundang-undang yang berlaku. Dari total APBD 2011 sebesar Rp 6,2 triliun, yang dialokasikan ke SKPD Dinas Pendidikan senilai Rp 271 miliar. Sisanya dialokasikan ke SKPD lain.

Hetifah Mendengar

Sampaikan aspirasi Anda

  1. Assalamu Alaikum dan Salam Sejahtera Ibu, semoga Ibu dalam Keadaan Sehat Walafiat serta di beri kemudahan dan perlindungan selalu dari Allah, kami dari TIM SUKSES DAN KAJIAN PEMBENTUKAN DAERAH OTONOMI BARU KABUPATEN-KOTA SAMARINDA /SELATAN, bila berkenan kami ingin Ibu Reses di beberapa titik di daerah kami sehubungan dengan pencerahan dan siosialisasi tentang OTDA di daerah Kami, mohon tanggapan dan balasannya , salam Hormat dan terimakasih dari kami Rusdiansyah Rays,SE ( koordinator )

  2. I decided to leave a message here on your Li Lanqing ‒ Dr. Ir. Hetifah, MPP page instead of calling you. Do you need more likes for your Facebook Fan Page? The more people that LIKE your website and fanpage on Facebook, the more credibility you will have with new visitors. It works the same for Twitter, Instagram and Youtube. When people visit your page and see that you have a lot of followers, they now want to follow you too. They too want to know what all the hype is and why all those people are following you. Get some free likes, followers, and views just for trying this service I found: http://cwby.us/1i

Lihat semua aspirasi